CO.CC:Free Domain

Kamis, Oktober 30, 2008

Mengakses Registry dari DOS Prompt

DOS ... Sesuatu yang mungkin hampir kita tinggalkan, ternyata menyimpan kekuatan yang tidak bisa dianggap enteng. Salah satunya adalah dapat menangani registry system Windows, Tidak percaya ...? Buktikan saja...!!! Regedit.exe adalah sebuah tool yang diciptakan untuk mengakses registry denganberbasis windows. Reg.exe adalah sebuah tool yang diciptakan untuk mengakses registry dengan berbasis DOS (console). Bagaimana cara mengaksesnya? 1. Masuklah ke console DOS. 2. Ketik perintah reg. Maka akan ditampilkan beberapa opsi Operation yang bisa Anda gunakan untuk mengakses registry Windows, seperti: QUERY, ADD, DELETE, COPY, SAVE, LOAD, UNLOAD, RESTORE,COMPARE, EXPORT, IMPORT. 3. Ketik reg add /? Maka akan ditampilkan paremeter-parameter yang dapat dimasukkan ke dalam perintah ADD. Dengan pengantar singkat ini, Anda sudah bisa mengakses registry dalam DOS (console). Rootkey: HKEY_CLASSES_ROOT HKCU = HKEY_CURRENT_USER HKLM = HKEY_LOCAL_MACHINE HKU = HKEY_USERS HKCC = HKEY_CURRENT_CONFIG Data Type: REG_SZ = String Value REG_MULTI_SZ = Multi-String Value REG_DWORD = DWORD Value REG_BINARY = Binary Value REG_NONE = No Value ============ Contoh: reg add “HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System” /v DisableRegistryTools /t reg_dword /d 1 /f Perintah tersebut akan men-disable regedit yang berbasis Windows. Sedangkan untuk meng-enable regedit adalah dengan perintah berikut ini: reg add “HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System” /v DisableRegistryTools /t reg_dword /d 0 /f atau reg delete “HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System” /vDisableRegistryTools Demikian juga untuk perintah-perintah yang lain. Teknik ini sangat ampuh digunakan untuk menangani berbagai macam virus yang sempat membuat Anda kesal dengan polah tingkahnya. Blok sana, blok sini...Hati-hati….!! Bisa jadi virus merubah file reg.exe ini menjadi pemicu virus tersebut. Saran saya simpanlah file reg.exe didalam media penyimpanan yang aman seperti CD, Flash Disk, dll. dan jauhkan dari jangkauan virus. Suatu saat Anda akan membutuhkannya. [JerryMaheswara] TITIK-TITIK RAWAN WINDOWS DALAM REGISTRY HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\ DisableRegistryTools reg_dword DisableTaskMgr reg_dword Shell reg_sz HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\ Shell reg_sz System reg_sz Userinit reg_sz HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\User Shell Folder\ Common Startup reg_sz HKLM\system\controlset001\safeboot\ alternateshell reg_sz HKLM\system\controlset002\safeboot\ alternateshell reg_sz HKCU\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\ apa_aja reg_sz HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\ apa_aja reg_sz HKCU\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer\ NoFolderOptions reg_dword HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer\ NoFolderOptions reg_dword HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Lsa\ ForceGuest reg_dword HKLM\System\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters\ AutoShareWks reg_dword AutoShareServer reg_dword etc... Ini hanyalah sebagai alternatif jika regedit diblok oleh Administrator atau virus. Sedikit penjelasan mengenai syntax REG REG ADD KeyName [/v ValueName | /ve] [/t Type] [/s Separator] [/d Data] [/f] REG DELETE KeyName [/v ValueName | /ve | /va] [/f] REG IMPORT FileName REG EXPORT KeyName FileName KeyName = [\\Machine\]FullKey Machine = Nama komputer yang di remote. FullKey = ROOTKEY\SubKey ROOTKEY = [ HKLM | HKCU | HKCR | HKU | HKCC ] SubKey = Nama lengkap dari key registry yang berada di bawah ROOTKEY. /v = Nama nilai yang berada dibawah key yang dipilih yang akan ditambahkan. /ve = Memberikan nama kosong pada key /t = Tipe data Key Registry, jika dikosongkan maka dianggan sebagai REG_SZ [ REG_SZ | REG_MULTI_SZ | REG_DWORD_BIG_ENDIAN | REG_DWORD | REG_BINARY | REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN | REG_NONE | REG_EXPAND_SZ ] /s = Karakter pemisah pada data string untuk tipe REG_MULTI_SZ, jika dikosongkan maka dianggap menggunakan “\0” /d = Data yang akan dimasukkan kedalam nilai /f = Nilai registri akan ditimpa secara paksa, tanpa peringatan. Filename = Nama file yang digunakan untuk menyimpan atau memuat nilai-nilai registri Selanjutnya carilah tahu sendiri, baca petunjuk yang menggunakan bahasa England itu. Sumber http://www.yogyafree.net Selengkapnya...

Selasa, Oktober 28, 2008

Tips Sederhana Melamar Kerja

Tip Menulis Surat Lamaran

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat diterapkan pada saat menyusun surat lamaran.

  • Sertakan Resume.

Sertakan resume yang baik pada saat mengirimkan surat lamaran

  • Pergunakan ukuran kertas standar.

Biasanya ukuran standar adalah ukuran kuarto (letter).

  • Pergunakan kertas warna putih.

Jangan gunakan kertas berwarna, karena akan mengurangi kesan profesional.

  • Pergunakan kertas dengan kualitas standar.

Kertas yang biasa digunakan untuk surat menyurat di kantor sudah cukup, kecuali untuk posisi tertentu dapat memakai kualitas yang lebih baik seperti kertas Concorde bermotif maskulin.

  • Pergunakan tinta hitam.

Penggunaan warna tinta selain hitam akan menghilangkan kesan formal, dan bahkan dianggap tidak sesuai dengan kaidah dan etika surat-menyurat resmi. Anda tidak ingin dianggap hanya sekedar iseng melamar bukan?

  • Cukup satu halaman.

Buatlah secara singkat dan padat. Hindari surat lamaran yang panjang dan bertele-tele.

  • Tunjukkan Rasa Percaya Diri.

Tunjukkan bahwa kita punya cukup rasa percaya diri, tetap jangan sampai terlihat arogan.

  • Kaidah berbahasa.

Pergunakan kata-kata yang sopan dan wajar dan sesuai dengan kaidah bahasa. Jika ditulis dalam Bahasa Indonesia, harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Jika ditulis dalam bahasa Inggris, perhatikan Grammar dan ejaannya.

  • Mudah dipahami.

Hindari menggunakan istilah-istilah yang tidak biasa atau sulit dimengerti oleh orang lain. Asumsikan bahwa pembaca surat lamaran kita adalah orang awam, sehingga sedapat mungkin gunakan istilah-istilah yang umum dipakai saja.

  • Cek kembali.

Setelah anda selesai menulis surat lamaran, disarankan untuk membaca dengan teliti beberapa kali. Bacalah dengan perlahan-lahan keseluruhan isi surat. Temukan kesalahan yang umum terjadi, seperti kesalahan penulisan, ejaan, penggunaan kata yang sama secara berulang-ulang, atau istilah yang kurang tepat.

Sebuah kesalahan kecil dalam surat lamaran akan berakibat turunnya kredibilitas kita di mata pihak yang membacanya, karena menunjukkan bahwa kita tidak teliti dan kurang profesional.

Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Agar terlihat profesional dan menarik, ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan dalam membuat curriculum vitae (CV):

  • Gunakan kertas putih polos

CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar).

  • Status perkawinan

Cantumkan status perkawinan (single, married, atau divorced).

  • Foto terbaru

Lampirkan pas foto terbaru. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (jas lengkap dengan dasi).

  • Referensi

Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).

  • Pekerjaan yang diinginkan

Selalu cantumkan jenis pekerjaan yang anda inginkan. Jangan menulis bahwa anda siap bekerja dalam posisi apa saja karena akan memberi kesan bahwa anda adalah pekerja serabutan. Tuliskan saja spesialisasi anda.

  • Format standar surat resmi

Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Times New Roman.

  • Pengalaman kerja

Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya (bukan nama perusahaannya) sebanyak-sebanyaknya tiga perusahan terakhir, berikut pangkat dan jabatannya.

  • Pengalaman lain yang menunjang

Cantumkan pengalaman atau organisasi yang berhubungan dengan spesialisasi anda. Jika anda adalah seorang spesialis bidang kimia, maka pengalaman sebagai juara I lomba melukis atau pejabat ketua senat tidak perlu dicantumkan.

  • Identitas

Cantumkan identitas anda dengan jelas.

Format resume atau curriculum vitae di setiap negara berbeda-beda. Hal ini tampaknya dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan dan pandangan politik di setiap negara yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, untuk resume standar di Amerika Serikat (AS) tidak perlu mencantumkan foto, agama, status perkawinan dan umur, karena hal itu dianggap sangat pribadi.

Perusahaan tidak meminta pencantuman keterangan-keterangan seperti itu karena bisa dianggap melakukan ‘early prejudice’. Di AS perusahaan tidak boleh melakukan diskriminasi dalam penerimaan pegawai, baik diskriminasi atas ras, umur, status maupun agama. Sedangkan di Singapura, kadang dalam resume diminta mencatumkan keterangan ras.

Selengkapnya...

Senin, Oktober 27, 2008

Batik Nyentrik

SOFTCASE Softcase Laptop Batik Tulis 13" Rp. 80.000,- Softcase Laptop Batik Printing 14" Rp. 50.000,- Softcase Laptop Batik Warna Alam 14" Rp. 60.000,- MUKENA
Mukena Batik bordir Rp. 80.000,- Mukena Batik non bordir Rp. 75.000,- BLUS
Blus Ungu Rp. 60.000,- Blus Sifon Rp. 95.000,- Blus Azizah Rp. 70.000,- Blus Biru Rp. 85.000,- Blus + Rok Thalia Rp. 50.000,- Blus + Rok Kerah Shanghai Rp. 53.000,- Gaun Batik Agung Wibowo Rp. 65.000,- Gaun Batik Damar Kusuma Rp. 50.000,- 1 Sarimbit (Pasang) Batik Kembar Jaya Rp. 70.000,- (belum ada fotonya)
SARUNG / PEMBUNGKUS
Selengkapnya...

Kamis, Oktober 23, 2008

Tips dan Trik Lolos Wawancara atau Interview

Apa saja sebenarnya yang harus dipersiapkan oleh para pencari kerja untuk menghadapi Job Interview? Karena sebaik apapun berkas lamaran yang telah dipersiapkan apabila tidak didukung oleh kemampuan mengemas performansi anda secara keseluruhan maka pasti hasilnya tidak memuaskan. Proses ini sering menjadi babak penentu keberhasilan atau kegagalan seseorang untuk melangkah ke proses selanjutnya. Job Interview bisa dilakukan di awal atau diakhir proses rekruitmen, mengingat hal ini merupakan salah satu tahapan dari keseluruhan penerimaan karyawan baru disebuah perusahaan, posisinya sama pentingnya dengan tahapan-tahapan tes yang lain. Oleh karenanya saat pelamar memutuskan untuk mencoba melamar sebuah posisi di perusahaan maka sebaiknya selain persiapan yang berkaitan dengan surat lamaran dan berkas-berkas yang dibutuhkan maka yang tidak kalah penting sebenarnya adalah persiapan mental.

Sebelum Wawancara 1. Masuklah ke ruangan setelah terlebih dahulu mengetuk pintu baik dalam keadaan terbuka atau tertutup. Melangkahlah dengan yakin. 2. Jangan lupa pada saat masuk tersenyumlah pada orang yang akan menginterview anda. Hal ini akan sangat membantu mengurangi rasa gugup serta menciptakan suasana hangat. 3. Jabat tangan pewawancara sesuai dengan kekuatan genggamannya 4. Jangan duduk sebelum dipersilahkan oleh pewawancara 5. Duduklah dengan tenang dan gentle 6. Letakkan barang bawaan anda di bawah tempat duduk bukan diatas meja, matikan hp dan sebaiknya anda tidak mengenakan jaket. 7. Kenakan pakaian formal kemeja lengan panjang yang tidak mencolok, bagi laki-laki. Serta blazer atau atasan blouse sederhana dengan bawahan senada atau bawahan lebih gelap dengan warna-warna natural bagi wanita. 8. Kenakan make up dengan warna natural, tidak perlu berusaha mengesankan pewawancara dengan mengenakan lensa kontak, kutek warna-warni, atau bulu mata palsu. Karena akan membuat anda terlihat sangat tidak profesional. 9. Jangan merokok atau mengunyah permen karet Saat Wawancara 1. Bicara dengan bahasa formal, tegas, intonasi sedang sehingga dapat didengar dengan jelas serta jangan terburu-buru dalam menjawab setiap pertanyaan 2. Dengarkan terlebih dahulu secara keseluruhan pertanyaan pewawancara sehingga kita dapat memberikan jawaban singkat, padat dan tepat. Usahakan tidak memotong pertanyaan pewawancara, dan dengan mendengarkan keseluruhan pertanyaan maka kita terhindar dari permintaan untuk mengulang pertanyaan. Karena akan mengesankan anda tidak siap. 3. Lakukan kontak mata dengan pewawancara, jangan menunduk. 4. Tunjukkan anda sangat berminat dengan perusahaan tersebut, dengan menjawab pertanyaan dengan antusias 5. Jangan hanya menjawab dengan kata-kata ya, tidak, tidak tahu atau dengan bahasa isyarat mengangguk atau menggeleng. Usahakan untuk mengembangkan jawaban sehingga anda terlihat menguasai keadaan. 6. Akhiri wawancara dengan ucapan terima kasih serta menjabat tangan pewawancara. Hal-hal penting : 1. Jangan lupa selalu siapkan CV dan surat lamaran anda 2. Usahakan datang minimal 10 menit sebelum wawancara dimulai, jangan pernah terlambat. Akibatnya sangat fatal, tidak semua perusahaan memberi kesempatan kedua. 3. Gali info sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan yang akan anda datangi, cari diinternet tentang profil perusahaan, bidang kerja,produk,tarif, keunggulan. Kita tidak pernah tahu apa pertanyaan yang akan diajukan bukan? Paling tidak informasi tambahan ini untuk amunisi cadangan kita dan menambah rasa percaya diri kita. 4. Latih jawaban anda mulai sekarang, komitmen anda berlatih akan sangat menentukan hasilnya nanti karena komunikasi bukan sesuatu hal yang secara instan kita dapatkan. Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh perusahaan: 1. Bagaimana anda menggambarkan diri anda? 2. Menurut anda apa kelemahan dan kekurangan diri anda? 3. Darimana anda mendapatkan informasi tentang perusahaan ini? 4. Menurut anda apakah profesionalisme itu? 5. Apa yang anda lakukan jika anda diterima bekerja di perusahaan ini? 6. Mengapa anda berhenti dari pekerjaan lama anda? 7. Apa yang membuat anda tertarik untuk bekerja disini? dsb - Hindari membicarakan kekurangan atasan atau perusahaan lama, karena hal itu mencitrakan kita kurang professional. - Jangan membuka topik pembicaraan masalah gaji sampai anda ditanya mengenai hal itu. Karena mengesankan kita lebih suka menuntut apa yang bisa diberikan perusahaan kepada kita. - Jika ditanya masalah gaji, sebaiknya jawab jumlah nominal yang anda inginkan sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kerja anda. Jangan meminta jauh melebihi kemampuan anda, sebaliknya jangan pernah berkata mau digaji berapapun asal bisa diterima bekerja diperusahaan ini, karena siapapun orangnya patut untuk dihargai. Jangan lupa carilah info tentang standard biaya hidup dan UMR (Upah Minimum Regional) dimana anda akan bekerja nantinya. - Jika dibuka sesi pertanyaan, pergunakan kesempatan ini untuk bertanya. Tanyakan hal apa saja yang ingin anda ketahui seputar posisi yang lamar atau hal-hal lain yang berkenaan dengan kepastian kapan kira-kira anda akan dihubungi untuk mengikuti tes selanjutnya. Selengkapnya...

Cara Membuat Blog Tips Menulis dan Promosi Blog

Membikin blog di blogger.com / blogspot sungguh sangat mudah karena blogger.com milik Google.com. Karena itu apabila Anda sudah punya email gmail.com, Anda tinggal langsung daftar di blogger.com. Singkatnya ikuti langkah singkat berikut: 1. Kunjungi blogger.com (klik) 2. Masukkan account Gmail di “nama pengguna (Email)” dan password di “Kata Sandi”. Lihat gambar 1. Kalau belum punya Gmail, daftar dulu di Gmail.com. a. Isi “Nama Tampilan” di kotak. Contoh: Nama Saya b. Kasih tanda tik (check) pada “Penerimaan Persyaratan” c. Klik “Lanjutkan”. Lihat gambar 2. 3. Pada “Judul Blog” -> isi dengan Judul yang diinginkan. Contoh Fatih Syuhud Blog 4. Pada “Alamat Blog” -> isi dengan alamat URL. Contoh, fatihsyuhud. Jangan lupa klik “Cek Ketersediaan” untuk mengetahui apakah alamat URL yang dipilih belum ada yang punya. Coba buat alamat lain kalau alamat tidak tersedia. Lihat gambar 3. 5. Klik “Lanjutkan” 6. Pada “Pilih Sebuah Template” klik “Lanjutkan” (Gambar 4) 7. “Blog Anda Telah Diciptakan!” -> Anda sudah berhasil membuat blog (Gambar 5) 8. Klik “Mulai Blogging” untuk menulis artikel. 9. Di “Judul” isi kotak dengan judul artikel yang akan ditulis. Contoh: Menulis di Blog 10. Isi kotak di bawahnya dengan artikel. Sebagai contoh, Anda bisa meng-copy dari sini. Lihat gambar 6. 11. Klik “Mempublikaikan Posting” 12. Selamat! Anda berhasil membuat blog dan memposting Artikel. (Lihat gambar 7).

Catatan: Untuk memposting artikel berikutnya, Anda tinggal mengklik menu “Posting”. Untuk mengedit tulisan tinggal klik “Edit Posting”

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Gambar 6

Gambar 7

Selengkapnya...

Cara Bikin Kotak Komentar di Blogspot

kotak komentar di blogspot (bloger.com) memang terkadang tidak langsung terbuka dikarenakan settingan dari bloger tersebut yang belum dibuka, sehingga membuat para pengunjung bloger males ataujarang untuk mengomentari. berbeda dengan kotak komentar wordpress.

Apabila Anda sayang meninggalkan blogger.com, tapi juga ingin punya kotak komentar ala wordpress supaya memotivasi blogger lain berkomentar ikuti langkah praktis berikut: Penting: Kalau Anda memakai template default blogger.com, maka silahkan langsung ke tutorial nomor 6. Sedang tutorial 1 sampai 5 hanya bagi mereka yang menggunakan template eksternal, bukan template yang sudah disediakan blogger.com.

1. Setelah login, klik Tata Letak atau Layout 2. Klik Edit HTML –> kasih tanda tik pada “Expand Template Widget” 3.Cari kode berikut

4. Letakkan kode berikut persis setelah atau dibawahnya kode no. 3.

5. Klik “Simpan.” 6. Masuk ke admin blogger.com Anda melalui link berikut (copy/paste ke browser) -> http://draft.blogger.com/ 7. Klik “Pengaturan” atau “Setting” 8. Klik “Komentar atau “Comment” 9. Pada Kolom “Penempatan Formulir Komentar” kasih tanda tik pada menu -> “Disemat di bawah entri” 10. Klik “Simpan Pengaturan”. Selesai.

Sekarang coba cek blogspot Anda, dan klik salah satu link posting. Akan tampak kotak komentar yang langsung nongol di bawah posting, ini kalau petunjuk di atas Anda ikuti dengan benar. Lihat contohnya di halaman paling bawah di sini.

Untuk membuat sebuah blog di blogspot ramah komentar, Anda juga perlu merubah setting komentar menjadi lebih “comment friendly”. Caranya:

(d) Klik SETTINGS / pengaturan dan klik COMMENTS / komentar.

COMMENTS –> pilih SHOW. Who Can Comment? –> pilih ANYONE. Supaya semua pengunjung baik yg anggota blogspot maupun yg tidak dapat ikut berkomentar.

Show word verification for comments? –> pilih YES. Untuk menghindari komentar otomatis oleh robot spam.

Enable comment moderation? –> pilih NO /TIDAK (sebaiknya). Kalau Anda termasuk orang yg “jaga wibawa”, pilih YES (kalau YES, setiap komentar akan disensor dulu oleh Anda, baru bisa muncul di kotak komentar. Ini membuat pengunjung malas komentar).

Selengkapnya...

Selasa, Oktober 21, 2008

Cara mengamankan Wireless

Jaringan nirkabel atau yang sering disebut dengan wireless network cukup mudah untuk di set up, dan juga terasa sangat nyaman, terutama jika kita menginginkan agar bisa berjalan jalan keliling rumah atau kantor dengan komputer portable tetapi tetap bisa tetap mengakses jaringan internet. Namun, karena wireless menggunakan gelombang, maka akan lebih mudah untuk di-hack daripada koneksi yang menggunakan kabel. Ada beberapa tips disini untuk mengamankan wireless network.

Adapun langkah langkahnya sebagai berikut

  1. Memakai Enkripsi. Enkripsi adalah ukuran security yang pertama, tetapi banyak wireless access points (WAPs) tidak menggunakan enkripsi sebagai defaultnya. Meskipun banyak WAP telah memiliki Wired Equivalent Privacy (WEP) protocol, tetapi secara default tidak diaktifkan. WEP memang mempunyai beberapa lubang di securitynya, dan seorang hacker yang berpengalaman pasti dapat membukanya, tetapi itu masih tetap lebih baik daripada tidak ada enkripsi sama sekali. Pastikan untuk men-set metode WEP authentication dengan “shared key” daripada “open system”. Untuk “open system”, dia tidak meng-encrypt data, tetapi hanya melakukan otentifikasi client. Ubah WEP key sesering mungkin, dan pakai 128-bit WEP dibandingkan dengan yang 40-bit.

  2. Gunakan Enkripsi yang Kuat. Karena kelemahan kelemahan yang ada di WEP, maka dianjurkan untuk menggunakan Wi-Fi Protected Access (WPA) juga. Untuk memakai WPA, WAP harus men-supportnya. Sisi client juga harus dapat men-support WPA tsb.

  3. Ganti Default Password Administrator. Kebanyakan pabrik menggunakan password administrasi yang sama untuk semua WAP produk mereka. Default password tersebut umumnya sudah diketahui oleh para hacker, yang nantinya dapat menggunakannya untuk merubah setting di WAP anda. Hal pertama yang harus dilakukan dalam konfigurasi WAP adalah mengganti password default tsb. Gunakan paling tidak 8 karakter, kombinasi antara huruf dan angka, dan tidak menggunakan kata kata yang ada dalam kamus.

  4. Matikan SSID Broadcasting. Service Set Identifier (SSID) adalah nama dari wireless network kita. Secara default, SSID dari WAP akan di broadcast. Hal ini akan membuat user mudah untuk menemukan network tsb, karena SSID akan muncul dalam daftar available networks yang ada pada wireless client. Jika SSID dimatikan, user harus mengetahui lebih dahulu SSID-nya agak dapat terkoneksi dengan network tsb.

  5. Matikan WAP Saat Tidak Dipakai. Cara yang satu ini kelihatannya sangat simpel, tetapi beberapa perusahaan atau individual melakukannya. Jika kita mempunyai user yang hanya terkoneksi pada saat saat tertentu saja, tidak ada alasan untuk menjalankan wireless network setiap saat dan menyediakan kesempatan bagi intruder untuk melaksanakan niat jahatnya. Kita dapat mematikan access point pada saat tidak dipakai.

  6. Ubah default SSID. Pabrik menyediakan default SSID. Kegunaan dari mematikan broadcast SSID adalah untuk mencegah orang lain tahu nama dari network kita, tetapi jika masih memakai default SSID, tidak akan sulit untuk menerka SSID dari network kita.

  7. Memakai MAC Filtering. Kebanyakan WAP (bukan yang murah murah tentunya) akan memperbolehkan kita memakai filter media access control (MAC). Ini artinya kita dapat membuat “white list” dari computer computer yang boleh mengakses wireless network kita, berdasarkan dari MAC atau alamat fisik yang ada di network card masing masing pc. Koneksi dari MAC yang tidak ada dalam list akan ditolak. Metode ini tidak selamanya aman, karena masih mungkin bagi seorang hacker melakukan sniffing paket yang kita transmit via wireless network dan mendapatkan MAC address yang valid dari salah satu user, dan kemudian menggunakannya untuk melakukan spoof. Tetapi MAC filtering akan membuat kesulitan seorang intruder yang masih belum jago jago banget.

  8. Mengisolasi Wireless Network dari LAN. Untuk memproteksi internal network kabel dari ancaman yang datang dari wireless network, perlu kiranya dibuat wireless DMZ atau perimeter network yang mengisolasi dari LAN. Artinya adalah memasang firewall antara wireless network dan LAN. Dan untuk wireless client yang membutuhkan akses ke internal network, dia haruslah melakukan otentifikasi dahulu dengan RAS server atau menggunakan VPN. Hal ini menyediakan extra layer untuk proteksi.

  9. Mengontrol Signal Wireless. 802.11b WAP memancarkan gelombang sampai dengan kira kira 300 feet. Tetapi jarak ini dapat ditambahkan dengan cara mengganti antenna dengan yang lebih bagus. Dengan memakai high gain antena, kita bisa mendapatkan jarak yang lebih jauh. Directional antenna akan memancarkan sinyal ke arah tertentu, dan pancarannya tidak melingkar seperti yang terjadi di antenna omnidirectional yang biasanya terdapat pada paket WAP setandard. Selain itu, dengan memilih antena yang sesuai, kita dapat mengontrol jarak sinyal dan arahnya untuk melindungi diri dari intruder. Sebagai tambahan, ada beberapa WAP yang bisa di setting kekuatan sinyal dan arahnya melalui config WAP tsb.

  10. Memancarkan Gelombang pada Frequensi yang Berbeda. Salah satu cara untuk bersembunyi dari hacker yang biasanya memakai teknologi 802.11b/g yang lebih populer adalah dengan memakai 802.11a. Karena 802.11a bekerja pada frekwensi yang berbeda (yaitu di frekwensi 5 GHz), NIC yang di desain untuk bekerja pada teknologi yang populer tidak akan dapat menangkap sinyal tsb.
Sumber : http://ilmukomputer.com Selengkapnya...

Sedikit Penjelasan Hardware Jaringan

Yup, kali ini saya akan coba jelaskan sedikit gambaran mengenai fungsi dari hardware jaringan yang telah di request. Yakni Router, Switch dan Hub. Langsung aja ke bahasannya ... Router : Router, digunakan untuk menyambung 2 jaringan yang berbeda. Sebagai contohnya, untuk menyambungkan antara LAN dengan Internet diperlukan adanya router sebagai jembatan dari 2 jaringan tersebut. Kedudukan router biasanya diletakkan sesudah modem, kira-kira gambarannya adalah seperti ini. | Internet |---| Modem |----| Router |----| LAN | Router yang digambarkan diatas berfungsi sebagai gateway, sekaligus firewall. Gateway : Gerbang penantian menuju internet. Masing-masing client/workstation dalam jaringan melewati gateway terlebih dahulu untuk menuju internet. Bisa digambarkan seperti ini : | Internet | | | | WS1 as Gateway1 | -- | WS Lain | | | | WS Lain |

Firewall : Biasanya dipasang diantara internet dan router. Firewall berfungsi sebagai tembok keamanan untuk jaringan dalam [ LAN ]. Didalamnya biasanya terdapat fasilitas, firewall, logging, snort. etc. Contoh router phisik multifungsi seperti itu adalah Cisco Router. Tetapi saya lebih cenderung memakai alternatif router yaitu menggunakan Smoothwall. Karena smoothwall hanya memerlukan komputer butut yang sudah lama tidak terpakai dengan harddisk sekitar 300 mb, dan tentunya 2 lan card. Smoothwall adalah distro linux khusus yang didesain untuk menangani masalah router, firewall, dan gateway. Selain itu Router pun digunakan untuk menyambungkan 2 LAN, yang berbeda subnet masknya. Lebih kearah Intranet. Switch : Biasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN token star. Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN. Gambarannya adalah seperti ini :
Hub : Sama seperti switch, tetapi perbedaannya adalah hub tidak memiliki faslitas routing. Sehingga semua informasi yang datang akan dikirimkan ke semua komputer (broadcast) Untuk sementara segitu dulu aja penjelasannya yah ... heheuhuehue ... silahkan request lagi. Nggak mahal kok, cuma 9 jutaan. Huehueh .... Sumber dari http://www.ilmuwebsite.com Selengkapnya...

Koneksi 2 PC menggunakan kabel Cross

Seorang gila jaringan mungkin ada yang sampai hati untuk membawa-bawa kabel utp jenis crossing lengkap dengan laptop dalam tas gendongnya setiap saat. Penulis pun pernah dalam kondisi seperti itu. Biasanya hal ini terjadi karena orang gila jaringan tersebut selalu ingin melakukan pekerjaan di berbagai tempat dengan 2 PC sekaligus. :). Walaupun pada saat sekarang ada sebuah alat yang tidak repot dan tidak dapat digunakan untuk membelitkan leher. :D. Yakni USB Wlan. Namun ada kondisi yang tidak memungkinkan untuk dapat menggunakan usb wlan, seperti kondisi ekonomi kantong tipis orang gila jaringan tersebut, walaupun hanya mengeluarkan beberapa lembar uang kertas untuk membelinya, tapi tetap saja ini adalah inti permasalahannya, dan berbagai kendala lainnya. :D Dari situlah tutorial ini berawal, sebelum dapat mengkoneksikan 2 PC menggunakan kabel crossing ada beberapa hal yang dibutuhkan diantaranya : - Tang kerimping - 2 buah RG 45 - Kabel UTP 5e dengan panjang secukupnya, sesuai dengan selera anda - 2 buah PC yang akan dikoneksikan. Pertama lepaskan shield kabel ( pelindung kabel biasanya bewarna abu -abu ) beberapa centimeter ( 2 cm), dengan memotong shield tersebut menggunakan tang kerimping, kemudian lurus-luruskan kabel-kabel yang berwarna-warni tersebut, kemudian urutkan kabel berdasarkan pewarnaannya di salah satu ujung kabel UTP tersebut. Urutannya adalah sebagai berikut : Ini adalah urutan kabel straight, sehingga untuk ujung kabel yang lain urutan pewarnaan kabel tersebut harus berbeda dengan urutan ujung kabel straight ini, inilah yang dinamakan dengan kabel cross, urutan ujung kabel cross adalah seperti ini : Sehingga di kedua ujung kabel tersebut memiliki urutan warna yang berbeda satu sama lainnya. urutan lengkapnya seperti ini … Nah dari sini anda siap mengkoneksikan 2 PC tersebut. Di windows untuk melakukan koneksi 2 PC sama halnya dengan mengkoneksikan PC dengan topologi jaringan yang sering ditemui, biasanya topologi jaringan itu adalah star di mana di pertengahannya biasa ditemui menggunakan hub ataupun switch. Hal yang harus dilakukan untuk mengkoneksikan kedua PC di windows adalah sebagai berikut : PC Pertama Masukkan ke network connection di control panel : Start menu | run | control panel Setelah itu masuk ke bagian Network Connections Kemudian pilih Local Area Network Connection Klik kanan Local Area Network Connection, pilih properties Di kotak dialog Local Area Network Connection Properties, di bagian tab General pilih Internet Protocol ( TCP/IP ) Kemudian Klik Properties Setelah itu masukkan IP Addressnya 192.168.1.2, kemudian Netmasknya 255.255.255.0 Setelah itu klik button OK, kemudian Close Nah untuk PC yang kedua tahapnya sama saja dengan yang diatas namun Alamat IP Addressnya berbeda dengan PC yang sebelumnya, anda dapat mengisinya dengan 192.168.1.1 atau dengan IP 192.168.1.x yang lain, terserah anda. Dengan catatan netmasknya harus sama dengan pc yang sebelumnya yakni 255.255.255.0 Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi network setup wizard untuk kedua PC tersebut, agar keduanya dapat saling terhubung sebagai satu workgroup. Setelah selesai, lakukan ping dari salah satu PC tersebut ke PC lainnya... Jika tampilannya seperti ini maka PC anda telah terhubung satu sama lainnya. C:\Documents and Settings\Al-k>ping 192.168.1.1 Pinging 192.168.1.1 with 32 bytes of data: Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms ttl="128" bytes="32" ttl="128" bytes="32" ttl="128" bytes="32" ttl="128" sent =" 4," received =" 4," lost =" 0" minimum =" 0ms," maximum =" 0ms," average =" 0ms"> Selengkapnya...

 

© Template Sapoy.Blogspot.com