CO.CC:Free Domain

Jumat, Desember 05, 2008

Koneksi Internet Murah

Koneksi Internet Murah blogger indonesiaAnda berada di kota atau di desa dan ingin koneksi internet murah meriah? Bagaimana caranya? Umumnya, internet yang masuk desa dan murah adalah dengan memakai telkom instan. Tetapi ternyata telkom instan tidak murah kalau kita termasuk golongan pecandu blog (internet addict) yang online berjam-jam setiap hari. Contohnya, waktu saya pertama pulang kampung setelah selesai studi di India, tagihan rekening telkom instan pada bulan kedua mencapai 2 (dua) juta rupiah. Kira-kira sama dengan gaji sebulan guru SD. Setelah tanya sana sini, akhirnya saya temukan jawabnya. Dengan jam online yang lebih lama dari saat saya memakai telkom instan, tagihan perbulan berkisar antara Rp. 100.000 sampai 300.000. Kecepatan lebih lumayan dari Telkom Instan. Apa itu? Jawabnya, kartu Starone pascabayar (produk Indosat).

Piranti yang diperlukan sbb:

1. Anda tentu saja harus punya laptop atau PC. Laptop lebih dianjurkan.

2. Beli modem CDMA atau dikenal juga dengan PCMCIA.

Modem CDMA PCMCIA fatih syuhudAwalnya saya beli modem PCMCIA / CDMA yang pipih (lihat gambar) yang dibisa dimasukkan ke laptop. Harganya Rp. 700.000. Dapat sekitar empat bulan, sinyalnya melemah. Akhirnya saya beli lagi modem CDMA / PCMCIA jenis USB (lihat gambar) seharga Rp. 800.000. Dan ternyata yang USB ini jauh lebih kuat.

3. Langganan kartu Starone Indosat pascabayar. Kartu ini dijual hanya di Plasa Indosat di kota Anda. Di kawasan Malang, hanya dijual di Plasa Malang kota. Setelah daftar, Anda mesti tunggu sekitar antara tiga sampai tujuh hari karena pihak Indosat akan melakukan survei dulu ke rumah Anda. Khusus untuk kasus saya, karena USB Modem CDMA PCMCIA Indonesia bloggermanajer Indosat Malang saya kenal kenal baik, alhamdulillah nomor langsung aktif pada hari saya mendaftar.

Cara Pemasangan:

Setelah kartu Starone pascabayar di tangan, maka Anda perlu install software dari modem pcmcia cdma yang Anda beli. Cara praktis adalah dengan meminta penjual modem cdma itu menginstall di laptop / pc Anda. Itu yang saya lakukan karena saya tak mau repot-repot. Jadi, jangan beli modem sebelum punya kartunya.

Di mana Beli Modem CDMA PCMCIA?

Untuk kawasan kota Malang dan sekitarnya, Anda bisa beli di toko Pahala Computer Jl. Slamet Riyadi 76A2 Malang Telp (0341) 358742. Ini toko langganan saya (Chinese) kalau menservis laptop.

Catatan Penting:

Saya tinggal di jauh dari kawasan kota, sekitar 30 km selatan kota Malang. Untuk memperkuat sinyal, saya menambah antenna penguat sinyal (signal booster). Kalau Anda berlokasi mirip dengan saya, cara ini bisa dicoba.

Sumber: Fatih Syuhud