CO.CC:Free Domain

Kamis, September 25, 2008

Punya Hosting Sendiri

Pake Aja DongKRAK, Apa sehDongKRAK itu???

DongKRAK merupakan suatu aplikasi Distribusi Server untuk Windows, yang terdiri dari Apache, MySQL, PHP dan Perl. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai WAMPPs.

-:: (WAMPPs) >> Windows-Apache-MySQL-PHP-Perl ::-

Lihat juga proyek WebServer Minimalis versi KIOSS: CodeName: DingKLIK

Deskripsi: KIOSS MiniServ

er dengan PHP Support

Gambar di samping ini merupakan screenshot dari Aplikasi Promosi -nya DongKRAK.. bagus nggak? pake skin nih..

Distribusi DongKRAK ini terdiri dari: - Apache 1.3.14, http://apache.com - MySQL 3.23.32, http://mysql.com - PHP 4.2.1, http://php.com - Toolkit for Apache WebServer 2.0, http://shareware.com.ru - phpMyAdmin 2.5.0 (indonesian language) - dll

tunggu juga DongKRAK versi 0.01.3xx mendatang, tentunya dilengkapi dengan paket-paket server versi terbaru atau yang terstabil. Bukan versi terbaru yang dipentingkan, tapi lebih pada yang terstabil. Pada versi berikutnya, konfigurasi host untuk penggunaan VirtualHosting dapat dilakukan secara mudah.


Kebutuhan minimal

  • Punya dan bisa nyalain komputer dengan sistem Microsoft Windows 98 atau XP.. DongKRAK belum dicoba di Windows 95, NT dan 2000
  • Kebutuhan Space HD minimal 31Mb
  • Memori seadanya, sepunya kamu, yang penting Windows bisa jalan. Kalo nggak bisa jalan, ya dituntun... pake overclock.. :)
  • Kesabaran dan ketelitian
  • Apresiasi dan respek thd hasil karya orang lain


ScreenShot

beberapa gambar memang terlihat kecil, jika ingin memperbesar tinggal klik saja. Dibawah ini beberapa tampilan layar yang bisa kamu perhatikan

tampilan awal, ketika anda browse ke http://me.kioss.com setelah DongKRAK terpasang "dengan benar" di PC kamu. Tampilan layar konfigurasi VirtualHOST, yang sekaligus untuk menentukan alamat IP dan HomeDirectory-nya.

Aikon di Tray, tampak diantaranya MySQLWinAdmin dan ApacheLaucherToolkit

Aikon yang tampak di TaskBar, diantaranya dari kanan: DongKRAK Promo, MySQLWinAdmin dan ApacheLaucher-Toolkit

Tampilan traymenu dari Apache Launcher Toolkit, detil informasi addon ini bisa dilihat di http://shareware.com.ru/
Tampilan layar konfigurasi http.conf, mime.types, access.conf dan srm.conf


Instalasi

  1. Ini link download Dongkrak Server. setup.DongKRAK-KIOSS.ServerTools.exe (23.99Mb)
  2. cukup Download dan jalankan file setup.DongKRAK-KIOSS.ServerTools.exe.

Baca juga beberapa keterangan yang tertulis di Fitur/Kelebihan Keterangan Lain: Untuk MySQL Database Server, username yang digunakan adalah root dan tanpa password.

Fitur/Kelebihan dan Cara Penggunaan:


  1. 99% PHPTriad Compatible DongKRAK tidak banyak bedanya dengan distribusi server yang lain seperti PHPTriad ataupun FOXServer. Dan buat rekan-rekan yang sudah terbiasa dengan PHPTriad ataupun FOXServer, tidak akan banyak kesulitan.
  2. Virtual Hosting Supported (3 sample domain installed): Banyak rekan-rekan yang masih belum bisa meng-instalasi VirtualHosting didalam satu PC, dengan menggunakan DongKRAK, PC anda akan secara otomatis teristalasi 3 (tiga) contoh Virtual Hosting, yaitu: - http://me.kioss.com - http://domain.com - http://localhost Selama ini rekan-rekan mungkin hanya terbiasa dengan http://localhost saja, pada dalam satu PC bisa dibuat VirtualHosting untuk beberapa domain sekaligus.
  3. WebHosting Like Directory Structure: Pengguna PHPTriad/FOXServer mungkin biasa meletakkan situs di lokal PC pada direktori c:\apache\htdocs dan jika kamu menempatkan situs hosting di WebHosting, biasanya diletakkan di direktori /home/namauserkamu/public_htmlDua kondisi ini yang kadang cukup membingungkan para pemula dalam mengembangkan situsnya. DongKRAK berusaha menjembatani masalah ini, dengan tidak meletakkan situs di c:\apache\htdocs tapi di c:\home\namauserkamu\public_html sehingga tidak terlalu berbeda dengan kenyataan sebenarnya jika diletakkan di WebHosting. ( Tidak semua hosting menggunakan cara spt ini, setiap webhosting mempunyai ciri khas tersendiri dalam menempatkan home direktori klien mereka loohhh….. )
  4. Run on Win9x and WinXP (Win2000 still not tested) Distribusi DonKRAK telah dicoba di Windows 95, Windows 98 dan Windows XP baik Home Edition maupun Profesional Edition. DongKRAK belum dicoba di dalam sistem operasi Windows200x
  5. Fitur Lain Masih ada beberapa fitur yang tersembunyi, selamat berlomba untuk mencari fitur ini Anggap aja ini EasterEgg-nya DongKRAK…… hihihiihihih


Kekurangan

  • Kurang stabil
  • Kurang sempurnya, masih banyak bug/error yang perlu diperbaiki bukankah tidak ada sesuatupun buatan manusia yang sempurna.....?


Tip & Trik

Jika Anda mengunakan WindowsXP, kadang muncul kasus bahwa MySQL Database Server tidak bisa dijalankan. Jika hal ini terjadi, lakukan langkah berikut:

  • Jalankan MySQL WinAdmin
  • klik kanan aikon MySQL WinAdmin di TrayBar
  • Pilih WinNT | Remove Service| Ok
  • klik kanan aikon lagi
  • Pilih WinNT | Start the Server StandAlone | Ok.

0 komentar: